Foto:Jemmy Saputera -- Diskon di salah satu mal di Palembang.

PALEMBANG, AsSAJIDIN.Com — Meski idul fitri 1438 H masih lebih kurang dua pekan lagi, perang diskon antar Mall di Palembang nyaris tak bisa terhindari. Matahari Plaza atau yang dikenal dengan sebutan International Plaza (IP) misalnya, memberikan harga diskon pakaian hingga mencapa 50 persen dari harga standar.

Sementara Palembang Square (PS) Palembang menawarkan diskon hingga 60 persen. Pantauan As Sajidin kemarin (8/6), terdapat peningkatan jumlah pengunjung sehingga memaksa  sebagian toko untuk menambah jumlah aryawannya.

Hal ini juga yang turut di amini oleh  Edwar salah satu pemilik distro di Matahari. Menurut Edwar beberapa hari terakhir ini, tokonya mulai mengalami peningkatan pengunjung.  Meskipun diakui olehnya, jumlah pembeli ditoko nya sampai saat ini masih terbilang sepi
jika dibanding tahun lalu, namun dirinya optimis bahwa jumlah konsumen akan terus mengalami  peningkatan, mengingat memang sebagian perusahaan masih belum mengeluarkan Tunjangan Hari Raya (THR).

“ Biasanya sih, kalau sudah memasuki H- 10 kan banyak perusahaan sudah mengeluarkan THR.  Nah saat itu lah, toko-toko biasanya ramai. Jujur saat ini, meski hari raya masih terbilang lama, namun antusiasme pengunjung mulai mengalami peningkatan yakni mencapai 200 orang per
hari, yang pada hari biasanya hanya berkisar antara 100 sampai 150 orang,” ujarnya.
Meski demikan, Edwar mengakui kalau pembeli saat ini sudah sangat cerdas dalam memilih
kualitas barang yang di diskon kan oleh para toko. Sehingga jangan heran jika ada toko yang
memberikan tarif diskon diatas nilai kewajaran. Dan pada akhirnya tetap sepi juga. “ Kami memang berikan harga diskon sampai 50 persen, akan tetapi kami tetap menjaga  kualitas barang yang kami tawarkan. Seperti pakaian kemeja merek Polo yang kalau hari  biasanya kami jual dengan harga 180 ribu rupiah, kini kami jual dengan harga yang sama tapi  dikenakan diskon hanya sebesar 20 persen saja ,” ungkapnya.

Sementara untuk jenis pakaian lain Edwar menambahkan, Jika levis merek Lea yang dipatok harga sedikit tinggi dari hari biasanya, hal itu dilakukan karena kualitasnya memang jauh lebih baik dari biasanya,” Satu potong sepan Jins merek ini di hargai Rp 240.000 tapi tetap juga kami berlakukan diskon hingga 50 persen.
Terpisah, Wati salah satu karyawan toko Batique di PS mengatakan bahwa peningkatan jumlah  pembeli saat ini justru masih stabil. Walaupun harus diakui memang ada peningkatan dari  hari biasanya, namun toko tempatnya bekerja belum menambah jumlah karyawan.
“Wati menilai akan ada lonjakan jumlah pembeli memasuki pekan terakhir ramadhan. Karena di saat itu sebagian warga sudah banyak yang libur dari aktifitas. Terutama para pelajar dan Mahasiswa,” tutupnya (*)

Penulis: Jemmy Saputera

Comments

comments

SHARE