Foto:IST -- Hulubalang, siap memandu dan membuat nyaman wisatawan di Palembang.

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COm — HUT ke 1.334 Kota Palembang dimanfaatkan Walikota Palembang meresmikan keberadaan Hulubalang Destinasi Pariwisata dan launching Branding Pariwisata.
“Peluncuran Hulubalang Destinasi Pariwisata dan Branding Pariwisata merupakan langkah Pemerintah untuk mengembangkan sektor Pariwisata. Nah munculnya Hulubalang ini, mirip-mirip dengan pecalang di Bali. Tujuannya, agar dapat memberi rasa aman bagi wisatawan yang berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang kita punya . Jika semua itu berjalan maksimal, akan banyak investor, wisatawan yang berkunjung kemari,” kata Wako Harnojoyo.
“Jadi jika mereka ke Indonesia, tidak hanya Bali dan Lombok serta Kota-Kota lain yang mereka ingat, ada Sumatera Selatan dan Palembang yang juga perlu diperhitungkan. “Insya Allah bisa la ya, toh nanti bisa juga berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat kita,” ungkapnya.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof Dr HM Sirozi, MA, PhD, mewakili tokoh masyarakat dalam sambutannya turut mengapresiasi kinerja Wali Kota Palembang H. Harnojoyo.
Menurutnya, apa yang dilakukan Wali Kota Palembang tersebut,tidak mungkin kalau hanya sebatas pencitraan dirinya menjelang Pilkada mendatang.
“ Saya rasa tidak mungkin kalau dua program unggulan Palembang tersebut lahir hanya untuk sebuah pencitraan. Dua program ini, kalau tidak dari dorongan kesadaran, saya rasa sulit untuk berjalan. Nah, Pak Harno sudah menerapkan minimal untuk dirinya dan keluarganya. Kalau pun itu di ikuti oleh banyak orang, memang karena apa yang dilakukan tersebut memberi banyak manfaat bagi peradaban dan bukan memunculkan kerusakan,” tuturnya.
Sementara itu, Kepala Dispar Kota Palembang, Kms. Isnaini Madani kepada awak media menyampaikan, kedua program yang di launching tersebut , merupakan bentuk komitmen beberapa element masyarakat dan melibatkan semua pihak termasuk dari akademisi, pelaku usaha pariwisata, komunitas serta melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, agar semuanya dapat memberikan suport.
“Semua pihak kita libatkan. Bahkan dari kawan-kawan media atau insan pers, kita libatkan dalam pembentukan konsep tersebut. Munculnya Palembang The City Where Culture and River meet in Harmony, dimana Palembang menjadi kota dengan berjuta budaya, palembang identik dengan kota sungai. Selling pointnya, kita memadukan river dan culture mejadi suatu keselarasan adalah hasil musyarawarah yang lumayan panjang. Dan dari situ muncullah 10 branding yang akhirnya mengerucut pada logo dan tag line yang dipilih langsung oleh Bapak Wali Kota Palembang, “ tutupnya. (*)

Penulis: Jemmy Saputera

Comments

comments

SHARE