IST -- Penyematan pasukan angkutan lebaran PT KAI, untuk kenyamanan penumpang.

PALEMBANG, ASSAJIDIN.COM – Menyambut idul fitri 1438 H, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional III Palembang, di tahun 2017 ini akan mengerahkan pasukan angkutan lebaran 1438 H selama 27 hari. Hal tersebut ditandai dengan upacara Gelar Pasukan di halaman stasiun besar Kertapati. Masa angkutan lebaran sendiri dijadwalkan berlangsung dari 15 Juni hingga 11 Juli 2017, di setiap stasiun keberangkatan penumpang KA.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan pihaknya merasa hal ini perlu dilakukan agar pelayanan kepada pengguna jasa lebih maksimal sehingga masyarakat yang akan mudik lebaran menggunakan jasa KA terbantu serta dapat terlayani dengan baik dan merasa nyaman.

Guna menyuksesan angkutan lebaran tersebut, PT KAI Divre III Palembang memaksimalkan setiap unit untuk memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan 72.954 kursi, dengan 2.702 kursi perharinya untuk relasi Kertapati – Tanjung Karang, Kertapati – Lubuk Linggau pulang pergi dan semua kelas. Hingga saat ini, kelas ekonomi masih menjadi favorit masyarakat karena harganya terjangkau serta jaminan kenyamanan fasilitas lainnya, seperti air conditioner, tidak ada yang merokok, dan kemudahan membeli tiket.

Sementara untuk kondisi penumpang diprediksi akan mengalami lonjakan pada H-3 idul Fitri di setiap jurusan, karena bersamaan dengan cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah. “Untuk angkutan lebaran tahun ini tidak ada kenaikan harga tiket, karena untuk tarif keas eksekutif dan bisnis, PT KAI memberlakukan tarif batas bawah dan tarif batas atas” ujar Aida.

Untuk kereta kelas ekonomi, pihaknya mengatakan akan tetap mengacu pada skema Public Service Obligation (bantuan uang terhadap margin harga pokok dengan harga jual) dari pemerintah. Meski demikian, diperkirakan akan ada kenaikan volume penumpang dari 74.761 orang di lebaran 2016 lalu, tahun ini diprediksi dapat mengangkut sekitar 88.934 penumpang.

Selama masa angkutan lebaran, agar memberikan rasa nyaman dan aman selama perjalanan PT KAI menerjunkan sebanyak 374 personel keamanan gabungan dari POM TNI, Brimob, Polsuska dan Security. Selain itu untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam perjalanan, PT KAI menyiapkan Alat Material Untuk Siaga di sejumlah titikj yang rawan bencana longsor atau amblas dan banjir, terutama menjelang arus mudik dan arus balik. PT KAI Divre III juga menempatkan petugas tambahan pemeriksa jalan rel ekstra dan petugas flying gang (regu terbang/siaga).(*)

Penulis: Release / Pipit

Comments

comments

SHARE