Foto: Mahir -- Pedagang suvenir haji di halaman Asrama Haji Palembang.

design-hut-ri-online-745145

PALEMBANG, AsSAJIDIN.Com —Musim haji tentu tidak dilewatkan begitu saja oleh pelaku bisnis. Berbagai perlengkapan haji sejak 3 Agustus dijual di area asrama haji Sumatera Selatan. Salah satunya M.Basid yang sudah menggelar jualannya sejak tanggal 3 Agustus.

Ia menjual perlengkapan haji yang lumayan terjangkau karena produknya ia datangkan langsung dari Jakarta. “Mulai dari baju kaos putih sampai gantungan kunci kita ada,” ujar Basid yang mengaku sudah sejak 2006 menjual perlengkapan haji.

Selain itu, ia menambahkan terdapat pemasangan seperangkat tali untuk tas selempang jamaah. Tali yang dipasang mulai dari tali untuk selempangan, tali untuk pinggang serta penambahan tali untuk tempat air minum disisi tas. “Kita ganti tali kecil dari bawaan tasnya dengan tali yang lebih besar dan nambahkan tali untuk nempatkan air minum” ujarnya.

Jamaah hanya tinggal merogoh kocek sebesar Rp 40.000 untuk mengganti dan menambahkan tali yang siap dipasang.

Lain halnya dengan pedagang lain yang menjual perlengkapan haji, Intan Mustikasari owner dari Pusat Riyal menjajakan kantong untuk buang air kecil jamaah.

Ia menuturkan kepada Assajidin.com/maklumatnews.com Peepis dibuat untuk membantu jamaah saat di Arafah atau Mina. Alasanya toilet disana tidak memungkinkan untuk menampung jamaah.
Peepis mempunyai dua bentuk, bentuk datar bagian atasnya untuk jamaah laki-laki, sedangkan untuk yang cembung atasnya untuk jamaah perempuan. Cara kerja dari produk ini adalah merubah air seni menjadi jeli dan tidak berbau dengan bantuan serbuk yang sudah ada di dalam kantong. Dalam satu kantong, peepis bisa menampung 600 ml air. “Untuk jeli dari air seni tersebut akan meleleh kembali sekitar 10 hari dengan suhu matahari di Arab yang sekitar 38 derajat” ujar wanita asal Solo ini.

Untuk animo jamaah sendiri terbilang lumayan. Sekitar 50 set sehari bisa terjual. Namun ada juga beberapa jamaah yang masih ragu-ragu dalam penggunaan produk ini.

Salah satu jamaah asal Bangka, Rustam mengatakan kalau ia belum tau tentang produk itu dan belum tertarik. “Takut dak beguno dan lah mahal belinyo” ujarnya jamaah yang punya kebun sawit ini. Untuk satu set Peepis yang berisi 5 kantong, ditaksir dengan harga Rp 130.000 (*)

Penulis: Mahir

Comments

comments

Lazada Indonesia
SHARE