Ilustrasi

design-hut-ri-online-745145

AsSAJIDIN.COm – Bikin paspor kini tak perlu khawatir menunggu antrian panjang.

Mulai tanggal 7 Agustus 2017, kini daftar paspor bisa melalui aplikasi pengiriman pesan Whatsapp. Terobosan pelayanan publik ini merupakan inovasi dari Direktorat Keimigrasian, Kementerian Hukum dan HAM.

Kantor Imigrasi Bogor menjadi yang pertama meluncurkan layanan yang diberi nama ‘Layanan Antrian Paspor via WhatsApp’ tersebut. Layanan ini akan memberikan kepastian waktu untuk para pemohon paspor tanpa khawatir mengantre panjang atau terlwat nomor antrian.

“Terhitung mulai Senin, pemohon dapat mendaftarkan diri melalui WhatsApp,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bogor Herman Lukman di Kantor Imigrasi Bogor, seperti dikutip AsSajidin.com dari tribunstyle.com.

Layanan ini resmi diterapkan di 26 kantor imigrasi di seluruh wilayah Indonesia yang memiliki rata-rata 150 pemohon paspor per hari, seperti di Jabodetabek, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Herman mengatakan bahwa layanan ini tidak lepas dari perkembangan teknologi dan populernya aplikasi Whatsapp.

Dengan layanan ini kini masyarakat dapat mendaftar permohonan paspor baru atau perpanjanga paspor dengan mengirim pesan ke no Whatsapp kantor Imigrasi yang akan dituju.

Setelah mendaftarkan diri, akan ada balasan dari Imigrasi berupa nomor barcode sebagai kode booking. Nomor ini kemudian bisa ditukarkan nomor antrean ke kantor Imigrasi sesuai jadwal yang dikirmkan lewat pesan Whatsapp.

Pemohon wajib datang 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan di dalam pesan. Jika terlambat kode booking akan hangus.

Mekanisme ini juga untuk mencegah eksistensi calo karena pendaftar wajib menggunakan nomor pribadi. Layanan ini tidak berlaku untuk pemohon paspor rusak atau hilang. (*)

Comments

comments

Lazada Indonesia
SHARE